Senin, 14 November 2011

Apakah Konflik di Papua di Pelihara?

Judul diatas merupakan pertanyaan yang mendasar dan berulang-ulang kali akan menjadi suatu pertanyaan dan membuat bingung untuk menjawabnya.

Jawaban bisa benar, memang konflik Papua dipelihara untuk kepentingan pihak-pihak tertentu yang tidak mau melihat Papua damai dan aman. Entah, itu membawa kepentingan dari pihak mana saja dan keuntungan apa saja yang bisa diperoleh. Apakah mungkin Organisasi Papua Merdeka/Tentara Pembebasan Papua Barat, atau ada pihak lain yang memang bermain untuk kepentingan tertentu yang sampai sekarang juga tidak terungkap siapa mereka sebenarnya.

kemudian, Jawaban bisa tidak., siapa yang ingin memelihara konflik di Papua? Karena menciptakan konflik akan membutuhkan suatu operasi yang sistematis untuk melakukan hal tersebut. Mungkin konflik tidak dipelihara tetapi ini merupakan bagian dari sesuatu yang muncul secara spontan dan tidak terorganisir. Dimana gejolak yang muncul diakibatkan akumulasi kekecewaan masyarakat Papua terhadap situasi selama ini yang terjadi di Papua.

Entah, apakah konflik di Papua di pelihara atau tidak, yang jelas bagi masyarakat Papua adalah keinginan melihat Papua damai tanpa gejolak berkepanjangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar